Medical Student

Kamis, 12 Mei 2016

Candi Muara Takus Di Riau



CANDI MUARA TAKUS
Diperkirakan pada tahun 600-700 disumatera telah berdiri 3 buah kerajaan, yaitu: sriwijaya,melayu dan kerajaan tulah bawang. Salah satu kerajaan tersebut dimuara takus.hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah, yaitu:terdapat sebuah candi, candi tersebut bernama candi muara takus. Namun sejarah tidak ada memberikan secara rinci tentang kerajaan ini. Yang jelas muara takus merupakan suatu desa terletak di kecamatan 13 koto kampar kabupaten kampar provinsi riau. Dan disanalah terdapat pusat kerajaan dahulu kala.

Candi muara takus merupakan fakta sejarah bahwa di muara takus pernah berdiri sebuah kerajaan besar. Menurut sejarah pada mulanya kerajaan tersebut terletak di koto pulau, tetapi karna sungainya dangkal tidak dapat dilayari maka pusat kerjaan dipindahkan ke muara sungai kampar. Menurut penelitian para ahli sejarah, bahwa ditengah-tengahpusat kerajaan tersebut terdapat kompleks berukuran 74X74 meter dan dikelilingi pagar beton. Didalam kompleks inilah dibangun candi yang berjumlah 7  buah tetap karena susah dimakan zaman, candi-candi tresebut hancur kecuali yang tinggal hanya 1 buah lagi, itupun menurut cerita yang tampak setupanya. Sedangkan dasarnya sudah tertimbun tanah.
Diantara ketujuh candi yang masih dikenal namanya yaitu candi tua, candi mahligai stupa, candi bungsu dan candi palangga. Dianatara keempat candi ini yang terbesar adalah stupa, dengan tinggi 21,65 meter. Mahligai sstupa terletak diatas pondasi berisi 28 dan berhiasan berwarna kuning.
Selain dari kompleks terdapat pula sisinpagar tembok sepanjang 1,5X2 kilo meter.sebagai peninggalan sejarah maka merupakan objek wisata dan perlu dilestarikan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

featured Slider

Recent Posts

Unordered List

Theme Support